7 Makanan Pantangan Bagi Penderita Darah Tinggi

Memiliki penyakit darah tinggi ini menjadikan kita harus mengetahui makanan pantangan darah tinggi yang sebaiknya dihindari mulai dari sekarang. Penyakit darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang sudah tak asing lagi di telinga kita bukna? Penyakit ini pun banyak diderita oleh orang dewasa hingga orang yang sudah lanjut usia. Penyakit ini ternyata dapat menyebabkan banyak komplikasi seperti halnya penyakit jantung, penyakit stroke, penyakit ginjal, dan bahkan hingga penyakit mata. Mengingat dengan begitu banyaknya komplikasi yang mungkin dapat terjadi maka berikut ini ada penjelasan mengenai makanan yang sebaiknya Anda hindari guna melawan penyakit darah tinggi tersebut.

Baja Juga: Madu Penyubur Kandungan

Meskipun penyebab dari penyakit darah tinggi ini belum diketahui secara pasti akan tetapi di dunia kedokteran menyakini bahwa pola makan yang kurang baik ternyata dapat menyumbang sebagai salah satu faktor penyebab dari penyakit kronis tersebut. Pola makan yang salah ini memang dapat menyebabkan darah tinggi dan juga menyebabkan sulitnya penurunan darah untuk penderita darah tinggi akut. Seringkali faktor yang dianggap remeh oleh banyak orang tersebut dibiarkan begitu saja hinggi penyakit darah tinggi ini terus berlanjut dan banyak juga yang menyebabkan komplikasi. Berikut ini ada penjelasan singkat mengenai makanan pantangan darah tinggi yang sebaiknya mulai dihindari sejak dini.

  • Garam

Garam merupakan pantangan darah tinggi yang paling utama. Kandungan garam yang cukup banyak di dalam darah penderita penyakit darah tinggi ini akan menyebabkan kenaikan tekanan darah.

  • Makanan kaleng

Pengawet yang digunakan untuk mengawetkan makanan kaleng ini umumnya terbuat dari substansi yang akan membentuk garam. Oleh sebab itulah, makanan kaleng menjadi pantangan untuk darah tinggi. Hindarilah korner, sarden, dan lain sebagainya.

  • Produk daging olahan

Produk daging olahan ini banyak mengandung garam untuk mengawetkan daging. Sama halnya seperti makanan kaleng meskipun tidak memiliki cita rasa yang asin tetap saja makanan tersebut mengandung kadar garam yang cukup tinggi.

  • Mie instan

Berhati-hatilah dengan mie instan ini karena mengandung garam yang tinggi. Selain garam, di dalam mie instan tersebut juga terkandung lemak dan juga kalori yang dapat menaikkan berat badan. Mie instan ini menjadi salah satu pantangan untuk penyakit darah tinggi yang wajib dihindari sejak dini.

  • Asinan dan acar

Asinan maupun acar ini proses pembuatannya menggunakan banyak garam. Meskipun di dalamnya banyak buah dan sayuran yang menyehatkan sekaligus menyegarkan akan tetapi kuah garamnya tersebut menjadi pantangan untuk penyakit darah tinggi.

  • Makanan dengan lemak jenuh tinggi

Makanan dengan kadar lemak jenuh yang tinggi ini biasanya digoreng menggunakan minyak sayur maupun minyak kelapa. Lemak dari sapi pun juga banyak mengandung lemak jenuh. Di dalam susu full cream, keju, donat, kulit ayam, kuning telur, mentega, dan masih banyak lagi tersebut juga mengandung lemak jenuh. Oleh sebab itu, hindarilah makanan-makanan ini terutama bagi Anda yang sudah lama memiliki penyakit darah tinggi.

Baca Juga: Pantangan Sakit Encok

Selain menghindari makanan pantangan darah tinggi tersebut, Anda pun juga bisa melawan penyakit ini dengan menggunakan obat tradisional. Akan tetapi perlu diingat bahwa obat tradisional ini hanya berupa obat tambahan saja karena Anda tetap membutuhkan obat apotek untuk dapat mengontrol tekanan darah supaya tetap berada di batas normal. Beberapa obat tradisional yang dimaksud seperti bawang putih, jus belimbing, minyak ikan, makanan berserat, makanan bergandum, kayu manid, dan masih banyak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *